Breaking News
recent

Resep membuat martabak telur special

Anda pastinya sangat suka dengan makanan dan jajanan yang terpopuler di Indonesia serta pastinya anda jumpai di seluruh plosok nusantara seperti contohnya Martabak, nah pastinya makanan ataupun jajanan ini anda paling suka, kita bisa ditemukan hampir di semua wilayah kota kita berada jadi tidak asing lagi yang namanya makanan kesukaan kita sehari – hari. Baik martabak telur, martabak manis, martabak mini pasti kita temukan di setiap sudut kota khusus di indonesia. Kebnayakan dari kita tidak tau resep dari makanan atau jajanan yang satu ini. kita disini akan memberikan juga memaparkan resep dari martabak telur yang enak ini dari awal pembuatan awal sampai terakhir atau siap saji.
Mungkin anda beranggapan kalau membuat martabak itu susah, tapi kalau di liat dari caranya pembuatan sampai terakhir pastinya anda berubah anggapan bahwa membuat martabak itu susah. Dari itu selain hemat, anda akan memdapat pengalaman tentang cara membuat martabak juga beranggap gampang dalam pembuatannya. Nah kita akan membahas resep, bahan serta cara proses membuatnya, dalam pembuatan martabaka anda bisa mengganti bahan daging bisa di ganti dengan ikan, cumi, ayam, seafood ataupu terserah selera anda. Tetapi didni kita akan membuat martabak yang sederhana tapi rasa tidak kalah hebat dengan makanan lain.

Bahan – bahan untuk membuat kulit martabak :
  1. Bahan untuk membuat kulit martabak yang dibutuhkan adalah tepung terigu kurang lebih sebanyak 300 gram, Garam dapur dan penyedap (mecin) secukupnya.
  2. Air bersih secukupnya antara 200 ml.
  3. Juga Telur ayam 2 butir untuk untuk menambah protein juga melembutkan kulit martabaknya.
  4. Minyak sayur antara 50 gram atau secukupnya sebagai campuran bahan kulit martabak.
Cara Membuat Kulit Martabak Telur :
  1. Langkah awalnya ambil satu wadah ukuran sedang besar atau baskom. Masukkan tepung terigu sedang yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan garam dapur beryodium. Aduk aduk sampai kedua bahan tercampur rata.
  2. Pecahkan satu butir telur dan masukkan ke adonan tepung diatas. Aduk - aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan air bersihnya sedikit demi sedikit sambil diaduk - aduk menggunakan tangan sampai adonan menjadi rata, Tambahkan air sampai benar – benar perkiraan anda.
  4. Sebelum di bentuk menjadi bulat, sebaiknya di tutup dengan plastik supaya adonan menjadi padat dan mengembang.
  5. Setelah cukup di tutup, adonan menjadi 3 atau secukupnya dan dibentuk menjadi bulatan.
  6. Olesi bagian luar adonan dengan mentega dan ditutup dengan plastik antara 10 – 14 menit.
Bahan – bahan untuk isi martabak telur special :
  1. Daging sapi yang sudah dicincang kecil - kecil kurang lebih sebanyak 250 gram saja.
  2. Daun bawang yang kualitas bagus 4 – 5 ukuran besar, sebulmnya daun bawah dicuci bersih untuk menjaga dari kotoran, dan diiris kecil - kecil.
  3. Bawang putih ukuran 4 pcs, bawah merah antara 8 pcs, lada bubuk secukupnya, garam dapur dan penyedap secukupnya, dan di blender sampai halus sebagai campuran martabaknya nantinya.
  4. Bawang bombay ukuran sedang besar kualitas bagus sebanyak 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus untuk isi martabak.
  5. Bawang merah kurang lebih sebanyak 8 pcs. diiris iris untuk bahan isian martabaknya.
  6. Garam dapur dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
  7. Telur ayam atau telur bebek secukupnya atau 6 butir untuk adonan.
Cara membuat isi bumbu martabak telur :
  1. Sebelumnya siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya.
  2. Dan masukkan bawang merah, bawah butih, lada yang sudah di haluskan.
  3. Masukkan daging cincang dan dimasukan kedalam campuran serta aduk - aduk semua bahan supaya tercampur rata dan tambahkan garam serta penyedap sampai daging agak matang (ditumis).
Cara membuat martabak telur special :
  1. Tahap terakhir adalah membuat martabak telurnya.
  2. Ambil satu adonan kulit dan dipipihkan dengan cara dinekan dengan telapak tangan agak memutar sampai adonan melebar.
  3. Dan dipegang kedua ujung adonan kulit lalu putar dari kiri kekanan sampai adonan melebar, Lakukan berulang sampai kulit bener tipis.
  4. Jangan lupa ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian seperti daun bawah, bawang bombay yang sudah diiris – iris serta bawah merah sekucupnya.
  5. Masukkan ke dalam cangkir juga tambahkan telur, garam dapur, bumbu penyedap rasa serta bumbu martabak yang sudah ditumis dan aduk sampai rata.
  6. Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
  7. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya sampai tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik sampai matang dan berwarna kecoklatan.



SELAMAT MENCOBA !!!
Unknown

Admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.