Breaking News
recent

cara treatment silika putih atau uban untuk black opal

Kalimayablack opal merupakan jenis batu yang sangat langka, kenapa di bilang langka ? karena jenis batu ini sangatlah susah di cari karena jenis batu black opal Cuma berada di daerah banten saja, apalagi untuk mendapatkan batu black opal yang sudah mengeluarkan warna yang sangat bagus atau bisa di bilang full jarong sangatlah susah. Bila ada itupun hanya bahan batu yang masih mentah atau masih nol jarong, bila para penambang mendapatkan bahan batu yang sudah keluar warna jarongnya itupun masih sedikit warnanya. Lagi pula untuk mendapatkan bahannya saja harus nyawa taruhannya, karena harus menggali lubang dari 10 sampai 40 meter ke dalam tanah. Bila kita mendapatkan bahan yang di ke dalaman sampai 40 meter itu berarti bahan batu black opal sudah tua juga kebanyakan sudah mengelluarkan bibit warna jarong.
Nah di sini biasanya untuk mendapatkan bahan yang bagus saja susah, apalagi untuk bahan yang sudah mengeluarkan warna. Maka dari sekian pengemar berupaya untuk mengeluarkan waran dengan berbagai cara, baik bubuy, bakar, rendam, panggang serta jemur atau oven. Biasanya dengan melakukan berbagai cara tersebut ada kejadian atau kelalaian serta kelebihan suhu panasnya yang mengakibatkan getah silika yang merupakan bibit jarong beubah menjadi warna putih uban atau di bilang putih susu, bila sudah terjadi begitu warna jarong tidak akan muncul karena sudah di bilang mati bibit warnanya, admin di sini akan memberikan cara untuk menghidupkan jellly atau getah yang sudah beruban akan berubah putih bening atau getah tersebut untuk hidup kembali supaya bisa mengeluarkan warna jarongnya.

Tahap untuk memulihkan getah beruban menjadi bening :
  1. Sebaiknya kita siapkan bahan gula pasir, garam dapur, cuka dan air lemon.
  2. Peraslah air jeruk nipis atau lemon, ambil airnya saja dan masukan ke toples, air jeruk gunanya untuk menjernihkan silika yang sudah beruban.
  3. Masukan air cuka ke dalam toples gunanya untuk kestabilan asam pada batu juga untuk menjernihkan silika.
  4. Masukan juga gula serta garam yang gunanya untuk silika supaya subur kembali, yang sebelumnya silika yang berubah akan subur serta bisa mengeluarkan warna jarong.
  5. Dalam proses tersebut hendaknya atur komposisnya yang pas supaya zat yang di keluarkan akan stabil, serta jagan lupa tutup rapat toples tersebut.
  6. Setelah rapat maka jemurlah di bawah terik matahari untuk penguapan serta zat tersebut untuk bereaksi, serta di lakukan selama seminggu.
  7. Bila kita dengan lain cara bisa di rebus dengan capuran bahan tersebut dengan bahan black opal dengan api kecil, lakukan berulang – ulang sampai jelly berubah bening.

Bila jelly sudah berubah bening maka bisa di lanjutkan dengan tahap lanjutan :
  1. Jemurlah bahan yang sudah di jernihkan silikanya sampai bebas dengan air.
  2. Setelah bebas dari air atau benar – benar kering maka angkat, rendamlah dengan minyak zaitun atau dengan minyak baby oil.
  3. Lakukan penjemuran dengan rutin tiap hari, bisa dengan panas matahari atau oven lampu.
  4. Dengan penjemuran jangan di jemur full, jemurlah dengan keadanan becek saja, karena silika yang akan berubah tidak terhalang dengan minyak.
  5. Dalam proses penjemuran, batu harus keadaan basah, bila batu kering pas di jemur maka batunya di oles dengan minyak lagi.
  6. Lakukan berulang – ulang sampai warna akan keluar dengan bantuan proses panas, jangan lupa amplas dengan amplas halus untuk membuka pori – pori batu black opal.

Demikian yang admin berikan cara menjernihkan silika yang sudah berubah serta cara tahap lanjutan yang aman, kita bila melakukan treatment hendaknya bersabar dan teliti, apalagi harus konsisten dengan cara tersebut.


***** SELAMAT MENCOBA *****


Unknown

Admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.