Breaking News
recent

Tips untuk mengeluarkan warna batu black opal Ruyung


Batu kalimaya black opal merupakan batu yang berasal dari daerah banten, batu black opal dari zaman dahulu sampai sekarang masih diminati oleh pengemar batu, malah tidak tanggung – tanggung pengemar batu black opal dari seluruh indonesia malah oarang luar negeri juga menyukai batu jenis black opal, karena dari segi keindahan batu black opal saat mengeluarkan warna yang sangat memukau apalagi sekarang sangat susahdi cari karena termasuk batu jenis langka, karena batu black opal hanya berada dari Banetn saja. Memang dari luar negeri juga mempunyai jenis batu yang sama, tetapi hanya jenis kalimaya saja, lagi pula keindahannya batu dari banten lebih bagus dari batu negeri seberang.

hasil treatment black opal ruyung

Batu black opal yang sekarang susah di cari, malah jadi incaran para kolektor batu jenis ini, apalagi harga batu kalimaya black opal yang bervariasi, dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah, tetapi walaupun harga batu sangat mahal masih tetap di gemari, itu karena keindahan batu yang tiada tara. Dengan berbagai jenis warna, ada yang paling mahal yaitu warna yang berjenis ruyung Lazer. Tetapi dengan jenis ruyung lazer yang susah di cari maka para pengemar berlomba – lomba bereksperimen yaitu dengan treatment batu black opal supaya mendapatkan batu yang berjenis warna ruyung lazer.

Nah di sini kami akan memberikan tips untuk mengeluarkan warna batu black opal yang berjenis ruyung lazer :
  • Langkah pertama carilah bahan yang berbakat jarong jangan yang nol bibit jarong, bisa mencari bahan secara filling atau bisa menggunakan Loop untuk meihat bibit jarongnya.
  • Setelah dapat bahan batu black opalnya sebaiknya di kikis lumpur setipis mungkin, sisakan lumpurnya dan bersihkan kotorannya dari bahan.
  • Bila sudah bersih maka rendamlah dengan air kelapa selama satu hari satu malam.
  • Setelah habis di rendam, angkatlah bahannya dan jemur, catatan harus benar – benar kering 100 persen.
  • Setelah bahan betul – betul kering masukan kerendaman minyak baby oil dan minyak kayu putih sampai minyaknya meresap ke dalam bahan batu black opal.
  • Bila kira – kira minyak sudah meresap maka angkat dan bungkus dengan almunium foil sebanyak 2-3 lapis.
  • Masukan bahan yang sudah di bungkus ke dalam wajan yang berisi minyak bimoli yang masih baru beli.
  • Dalam penggorengan bahannya selama 30 menit dengan api kecil saja.
  • Setelah di goreng, angkat dan buka bungkus almunium foilnya, dan masukan ke minyak baby oil dan minyak kayu putih dan jemur di terik matahari atau sinar lampu ( treatment oven ).
  • Dalam proses penjemuran di harapkan batu jangan kondisi full tenggelam, kalau bisa sepertiga badan bahan black opal.
  • Bila habis jemur rendam full badan, keesok harinya waktu jemur spertiga badan bahan saja.

Nah demikian cara treatment batu kalimaya black opal untuk mengeluarkan warna jarong pada batu black opal, bila ingin menghasilkan warna jarong ruyung lazer maka cari bahan yang berserat ruyung.


SELAMAT MENCOBA
Unknown

Admin

1 comment:

Powered by Blogger.