Breaking News
recent

3 proses treatment untuk mengeluarkan jarong pada black opal

Biasanya kita melakukan treatment pada bahan black opal tidak memperhatikan bahan yang kita olah supaya mengeluarkan jarong, dengan ketidak telitian kita dalam mencarikan bahan yang bagus juga cocok untuk di treatment maka akan menghasilkan yang tidak maksimal, bahkan bisa tidak menghasilkan apa – apa atau bisa di bilang gagal total.
Bahan batu black opal lumpur ijo
Bahan batu black opal lumpur ijo
Dalam pemilihan bahan adalah faktor utama kita sebelum melakukan treatment untuk memunculkan warna jarong, dalam hal ini kita harus tahu bahan yang yang mana yang bagus untuk di treatment ataupun tidak untuk di treatment. Nah kami dari admin sendiri sudah melakukan semua cara treatment juga semua bahan, maka dari itu cari bahan lumpur ijo, yg mengandung banyak silica, tahap awal cari bahan kupas lumpur, sisakan tipis mungkin. Awas silica harus di kontrol juga, Lalu cuci dgn bersih, Keringkan dgn suhu ruangan 3 hari. Jgn di jemur.

Tahap pertama dengan perendaman biasa guna membuka pori – pori serta memunculkan silika :
  • lalu rendam dgn air ac dan air hujan.
  • Selama 1bulan kedap jemur di terik matahari, Malam masukkan simpan di tempat lembab seperti belakang kulkas.
  • selanjutnya angkat, cuci dengan sabun colek hingga bersih, lalu keringkan dengan suhu ruangan selama 1 minggu tetapi jangan di jemur di bawah matahari langsung.

Tahap kedua dengan Kedap udara, guna untuk melebarkan silika :
  • siapkan abu sekam, pasir laut, gula secukupnya aduk , bahan masukkan ke wadah. Bila bahan ramuan masukkan, botol tutup kedap Selama 2 minggu.
  • Bila sudah di kedap selama 2 minggu, maka angkat bahan trus amplas nomer 400 pakai air, tetapi sambil kita kontrol silica serta bahan cuci bersih.
  • Setelah itu keringkan dengan suhu ruangan kira - kira kadar air hilang.

Tahap ketiga dengan perendaman dan oven :
  • siapkan ramuan minyak zaitun murni, minyak sereh, minyak kelapa.
  • buat open , pakai kaleng biskuit. Atau kaleng apa saja.. pakai lampu 10watt.
  • masukkan bahan ke dalam kaleng, lalu siramkan minyak ramuan tadi
  • cek 2 minggu sekali sambil kontrol minyak.
  • biasanya jarong udah pada nongol.
  • yang belum nongol, angkat amplas nomer 1000 lalu bersihkan dan masukkan open kembali.
  • yg udah nongol jarong bentuk serta pola sesuai selera.
  • kalau kurang puas degn jarong hasil dalam 2 minggu maka amplas kembali dan masukkan kembali.
Hasil treatmentnya dengan 3 proses 
Demikian 3 proses treatment untuk mengeluarkan warna jarong pada batu black opal, tapi bila menurut anda terlalu ribet, ada cara simpel yang bisa mengeluarkan warna dalam waktu 5 menit :
siapkan bahan yang berlumpur ijo, bersilika banyak serta bening, bahan batu black opal masih fresh atau bahan masih baru ambil dari galian, maka kiki lumpurnya setipis mungkin tapi jangan sampai terkena silika karena itu bibit jarongnya, jemur sampai benar - benar kering, setelah kering siapkan pengorengan dengan api kecil dan tuangkan minyak baby oil atau minyak kelapa yang murni, serta masukan bahan batu black opalnya, tapi dengan catatan selama mengoreng hendaknya tenggelam dan di bolak balik selama proses menggoreng serta durasi waktu hanya 5 menit saja.

SELAMAT MENCOBA
Unknown

Admin

3 comments:

  1. Pagi om..buat tahap tiga jarak lampu berapa..? Minyaknya kerendem apa gmn untuk bo yg gagal treat gmn cara perawatanya..makasi om..selamat berpuasa...

    ReplyDelete
  2. Iya bos seperti pertanyaan diatas tu bo kerendem full ato separo ato sepertiga bagian, trus jarak lampu brapa cm

    ReplyDelete

Powered by Blogger.