Breaking News
recent

cara memanfaatkan sampah plastik menjadi tas cantik

biasanya bungkus Kemasan plastik terbuang percuma serta tidak terpikir oleh para ibu rumah tangga, bila dengan hal itu malah akan membuat sampah yang tidak berguna. Padahal bila di manfaatkan sangatlah berguna serta sangat membantu keuangan para ibu rumah tangga bila di manfaatkan seperti di olah menjadi tas yang unik dan cantik.


para ibu maupun para sahabat ganeshacut pasti tahu bahwa sampah plastik adalah jenis sampah yang paling sulit diuraikan oleh tanah, maka dari itu sangat berbahaya bagi lingkungan kita, padahal dari semua produk yang kita beli rata – rata kemasannya terbuat dari plastik, jika sayang bila sampah plastik yang sebenarnya bisa di olah tetapi malah di buang juga yang nantinya akan merusak lingkungan di sekitar kita.

Nah untuk mencegah halnya yang merugikan serta pencemaran lingkungan yang nantinya berdampak buruk, sebaiknya kita manfaatkan supaya berguna untuk kita tentunya yaitu salah satunya di olah menjadi tas yang cantik atupun dompet lagi pula tidak kalah cantiknya dengan tas – tas lainnya yang di jual di toko – toko di kota anda yang sama halnya terbuat dari plastik juga.
Kita dengan membuat tas yang terbuat dari plastik, maka kita akan mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik, mendapatkan uang bila di jual sebagai usaha kecil dan mendapatkan tas cantik hasil karya sendiri.
nah kali ini kita coba membuat dari pertama dahulu dengan membuat tas kecil, di bawah ini kami berikan uraian bahan – bahan yang harus di sediakan juga cara pembuatannya.

bahan – bahan yang harus di sediakan yaitu :
  1. Sediakan plastik yang berukuran 600 ml sebanyak 4 buah.
  2. Sediakan bisban yang berukuran 65 cm dengan ukuran lebarnya 3 cm yang nantinya sebagai talinya.
  3. sediakan bisban 1 meter dan 4 cm dengan ukuran lebarnya 2 cm sebagai perekatnya.
  4. 50 cm renda kain, bisa juga cari yang bercorak sebagai pemanis tasnya.
  5. Serta jangan lupa jarum dan benangnya, carilah benang yang warnanya serupa.

  1. sebelum memulai hendaknya bersihkan dahulu kemasan plastiknya, bisa dengan lap atau lainya bisa juga dengan air guna noda yang sulit di bersihkan.
  2. Guntinglah kemasan plastik sebanyak 2 buah dengan ukuran yang diinginkan dan potongan tersebut harus sama sesuai ukurannya.
  3. bila sudah di Gunting dua kemasan, maka gunting kemasan tersebut menjadi 2 bagian yaitu sisi kiri dan kanan yang nantinya menjadi 2 bagian lebarnya 8 cm.
  4. Bila sudah di guning menjadi 2 bagian maka jahitlah bisban pada sisi lebar ke masing-masing kemasan plastik yang sudah dipotong sebelumya menjadi 2 bagian.
  5. Maka pasanglah serta jahit bisban sebagi perekat dengan jarum serta benang yang serupa, bisa juga menggunakan mesin jahit yang nantinya akan lebih rapi hasilnya, yang di jahit pada bagian dalam masing sisi depan dan belakang.
  6. Pasanglah serta jahit bisban yang lebarnya 4 cm di bagian permukaan plastik sisi depan dan belakang yang nantinya juga sebagai tali tas.
  7. Renda katun di pasang juga jahit sekaligus bisban pada sisi atas lembar kemasan plastik.
  8. Lakukan juga bagian depan juga belakangnya.
  9. bila sudah maka sambung kedua kemasan plastik berukuran 8 cm tadi yaitu yang di jahit bagian sisi kiri dan kanan tas yang membentuk lembaran panjang.
  10. bila sudah maka pasang bisban pada seluruh tepinya memutar dari atas sampai bawahnya.

Nah para ibu – ibu serta sahabat sampah yang berbahan kemasan plastik sudah menjadi tas cantik dan unik serta bisa ibu - ibu jadikan penghasilan tambahan hasil dari kreasinya.

selamat mencoba
Unknown

Admin

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.